Artikel

Pentingnya Medical Check Up

Medical check up menjadi salah satu jalan untuk mendeteksi penyakit secara dini. Medical check up sangat penting untuk mendeteksi penyakit akibat gaya hidup tidak sehat atau lifestyle disease. Di antaranya adalah diabetes, kelainan lemak darah, hipertensi.Medical check up juga bisa mendeteksi gangguan atau penyakit pada organ penting seperti penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit yang berpotensi membahayakan seperti penyakit kardioavaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Berikut adalah 6 alasan kenapa cek kesehatan secara teratur begitu penting :

  1. Mengurangi biaya medis jangka panjang
    Meskipun kita harus mengeluarkan biaya untuk melakukan pemeriksaan, namun biaya yang dikeluarkan sekarang jauh lebih kecil dibanding dengan anggaran yang harus dibayarkan ketika terdapat penyakit berat yang tidak terdeteksi secara dini.
  2. Mendeteksi penyakit sejak dini
    Beberapa penyakit mungkin tidak menunjukkan gejala apapun di awal perkembangannya, dengan deteksi secara dini, kita bisa menjalankan langkah pengobatan secara cepat dan tepat agar peluang kesembuhan bisa lebih tinggi.
  3. Mendorong kita untuk hidup lebih sehat
    Dengan memeriksakan kondisi kesehatan secara teratur, maka akan mendorong kita untuk menjalani hidup lebih sehat.
  4. Memberikan ketenangan
    Dengan mengetahui kondisi kita sebenarnya, setidaknya memberikan sedikit rasa tenang. Ini tidak akan kita dapatkan jika kita sendiri tidak tahu apakah kita benar-benar sehat 100% atau ada penyakit berbahaya yang selama ini berkembang dalam tubuh tanpa disadari.
  5. Memiliki data kesehatan
    Data kesehatan sangat berguna bagi para dokter untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya kita jalankan, dokter dapat dengan mudah mencari dan mengetahui semua hal tidak wajar yang sedang kita alami.
  6. Membandingkan kondisi sekarang dengan sebelumnya
    Jika hasil pemeriksaan pada periode sebelumnya lebih baik dibanding hasil pemeriksaan periode saat ini, maka kita dapat dengan mudah mengetahui ada sesuatu yang salah sehingga tingkat kebugaran atau kesehatan kita mengalami penurunan.